Resep Membuat Susu Jagung Manis Praktis

Resep Membuat Susu Jagung Manis Praktis - Jagung merupakan salah satu bahan makanan pokok yang memiliki kedudukan penting setelah beras khusus nya  bagi masyarakat indonesia . kandungan gizi yang penting pada jagung adalah karbohidrat dan lemak . karbohidrat jagung yang terdiri dari pati , gula , serat kasar dan pentosan . sedangkan pati jagung terdiri dari amilosa dan amilopektin , sedangkan gulanya berupa sukrosa . 

Sebagian besar lemak jagung terdapat pada lembaganya . asam lemak penyusunnya terdiri dari asam lemak jenuh yang berupa palmitat dan stearat serta asam lemak tidak jenuh berupa oleat dan linoleat . protein jagung mempunyai komposisi asam amino yang cukup baik , tetapi asam amino lisin dan triptofan terdapat dalam jumlah kecil . jika di sumatera barat jagung muda dikonsumsi sebagai jagung rebus atau di olah menjadi aneka kue basah .

Sedangkan jagung tua hanya diolah menjadi tojin dan sebagian besar dimanfaatkan untuk bahan pakan ternak , seperti burung dara , ayam dan lain sebagainya . penganekaragaman produk olahan perlu dilakukan untuk meningkatkan nilai tambah dan pendapatan petani . sehingga selain jagung rebus , kue basah dan tojin , jagung pun dapat di olah menjadi susu jagung , bubur susu jagung , cornghurt , yogurt , corn flakes dan lain-lainnya . jika di thailand , jagung manis banyak diolah menjadi corn milk atau susu jagung .

Susu nabati seperti susu jagung dibutuhkan terutama bagi orang-orang yang alergi terhadap susu sapi . sebagai minuman , susu jagung diharapkan bisa menyegarkan dan menyehatkan tubuh karena tidak mengandung kolesterol . susu jagung diperoleh dengan cara penggilingan biji jagung manis yang telah direbus dalam air . hasil penggilingan disaring untuk memperoleh filtrat yang kemudian dipasteurisasi dan diberi flavor untuk meningkatkan rasanya . 

Namun karena perkembangan susu jagung , susu jagung pun sekarang mudah sekali dibuat dirumah . tidak perlu menggunakan alat giling , namun dapat diganti dengan blender agar lebih mudah dan praktis . so , untuk anda yang ingin menikmati kreasi susu jagung , jangan sampai lewatkan resep ini yah . yasudah untuk lebih jelas dari bahan-bahan dan cara membuatnya silahkan simak artikel resepnya dibawah ini .

Resep Membuat Susu Jagung Manis Praktis

Resep Membuat Susu Jagung Manis Praktis

Bahan-bahan Susu Jagung Manis Praktis :

  • Jagung manis pipilan 100 gram ( yang sudah di rebus )
  • Susu cair 750 gram
  • Gula 150 gram
  • Kayu manis 10 centi meter
  • Garam 1/2 sendok teh

Cara Membuat Susu Jagung Manis Praktis :

  1. Pertama-tama haluskan jagung manis dengan 500 mili susu di dalam blender hingga halus . 
  2. Masukkan adonan jagung ( disaring ) dan sisa bahan ke dalam panci , masak sampai mendidih sambil terus diaduk . kecilkan api , lalu lanjutkan memasak sampai agak mengental ( kurang lebih selama 15 menit ) angkat , sisihkan kayu manisnya . 
  3. Resep Membuat Susu Jagung Manis Praktis siap untuk disajikan selagi hangat .

Selesai , itulah bahan-bahan dan cara membuat susu jagung nya , cukup mudah bukan ? selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Susu Jagung Manis Praktis ini dirumah yah . buka juga informasi resep minuman lainnya seperti Resep Membuat Susu Kental Manis Sendiri Di Rumah yang wajib untuk anda coba membuatnya juga dirumah . terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda . sekian , seeyou :)

Resep Membuat Susu Jagung Manis Praktis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fransisca Emilia