Resep Membuat Tumis Kangkung Oncom Pedas Nikmat

Resep Membuat Tumis Kangkung Oncom Pedas Nikmat - Kangkung merupakan salah satu sayuran hijau yang mudah di dapat dan terjangkau dimana-dimana . dari pasar tradisional hingga supermarket-supermarket terdekat yang menyajikan kangkung segar . mempunyai harga yang murah dan mudah di olah menjadi masakan yang lezat . membuat banyak orang menyukai kangkung sebagai salah satu sayur pilihan untuk teman nasi .

Kangkung yang mempunyai kandungan gizi seperti vitamin A , Vitamin B1 , Vitamin C , Protein , Kalsium , Fosfor dan Zat Besi sangat baik di konsumsi oleh tubuh . tapi hati-hati saat mau mengolah sayuran kangkung ini ya teman . kangkung yang hidup di rawa-rawa riskan sekali dengan binatang-binatang kecil yang menempel di dalam kangkung . sehingga harus benar-benar di bersihan agar kangkung aman di konsumsi oleh keluarga .

Kangkung sendiri biasanya di olah menjadi cah kangkung , tumisan , pecel sayur , gado-gado jawa , bahkan ada yang menjadikan sebagai lalaban mentah maupun yang hanya di rebus saja . biasanya kalau di jadikan lalaban , si kangkung dinikmati dengan ikan asin dan sambal cabai . uhh makyus sekali pasti tuh . tapi kali ini beverleylovestosew.blogspot akan mengajak kalian untuk mengolah kangkung dengan nikmat dan lezat .

Yaitu dengan di tumis dan di beri irisan oncom yang mempunyai aroma khas sedap . tumis kangkung oncom seperti ini sangat khas sekali di daerah sunda . seperti bogor , bandung , sukabumi , dan daerah sunda lainnya . untuk orang sunda , tumis oncom seperti ini tentu saja sudah tak asing lagi bagi mereka . di masak dengan bumbu pilihan membuat tumis oncom memiliki aroma wangi yang sedap dan rasanya yang mantap .

Cocok sekali jika di sajikan dengan nasi hangat beserta lauk pilihan anda dan keluarga . di nikmatinya saat masih panas gitu ya teman , agar terasa lebih makyus . soalnya kan tumis kangkung sendiri merupakan salah satu sayuran yang mudah layu setelah di masak . so , jangan sungkan lagi untuk mengkonsumsi kangkung , karena banyak gizinya yang baik bagi tubuh . 

Resep Membuat Tumis Kangkung Oncom Pedas Nikmat
Contoh Gambar Tumis Kangkung

Sejarah Asal Usul Mula Oncom 

Oncom merupakan jenis makanan yang khas dari tradisonal indonesia . oncom yang terbuat dari ampas tahu ini merupakan salah satu bahan makanan yang populer di daerah jawa , khususnya jawa barat . beberapa menu yang enak dan lezat dapat di buat dengan bahan dasar oncom . dari warteg , rumah makan sunda hingga restauran serasa ingin berlomba-lomba menghadirkan menu masakan yang enak dan nikmat yang terbuat dari oncom . 

Jika kita telusuri oncom merupakan bahan makanan yang merupakan hasil fermentasi dari beberapa jenis kapang ( bahan yang biasa diolah menjadi tempe ) . oncom sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu oncom merah dan oncom hitam . oncom merah merupakan degradasi oleh kapang oncom Neurosporasitophila atau N.intermedia , sedangkan oncom hitam di degradasi oleh kapang tempe Rhizopus Oligosporus .

Resep Membuat Tumis Kangkung Oncom Pedas Nikmat
Contoh Gambar Oncom

Untuk oncom merah umumnya dibuat dari bungkil tahu , yaitu dengan mengambil kedelai yang telah diambil proteinnya dalam pembuatan tahu . dan untuk oncom hitam dibuat dari bungkil kacang tanah , namun terkadang dicampur ampas singkong atau tepung tapioka . bertujuan agar oncom hitam mempunyai tekstur yang lebih baik dan lunak .

Walapun oncom merah dan oncom hitam ini merupakan limbah , namun kandungan gizi yang terdapat pada oncom cukup tinggi untuk dimanfaatkan oleh manusia . kalian pastinya sudah pernah menikmati oncom ini bukan ? selain memiliki rasa yang enak , memiliki harga yang murah dan kandungan gizinya pun baik untuk tubuh kita . untuk oncom sendiri dapat kita jumpai di warung sayur seperti di pasar-pasar tradional maupun di pasar modern .

Kandungan Gizi Yang Terdapat Pada Oncom

Selain terkenal memiliki harga yang murah meriah , oncom sendiri juga memiliki kandungan gizi yang sangat baik sebagai sumber asupan gizi sehari-sehari seperti yang sudah kita bahas tadi .

Kandungan karbohidrat serta proteinnya yang tinggi ditemukan pada bungkil kacang tanah yang merupakan salah satu bahan terbuatnya oncom . populasi kapang juga diketahui dapat menekan produksi alfatoksin dari Aspergillus Flavus yang sebelumnya telah mencemari bungkil .

Resep Membuat Tumis Kangkung Oncom Pedas Nikmat
Contoh Gambar Oncom Merah

Kejadian degradasi yang dilakukan oleh kapang menyebabkan terjadinya beberapa oligosakarida sederhana seperti rafinosa , sukrosa , dan stakhiosa menurun pesat kandungannya akibat aktivitas enzim a-galaktosidase , yang menghasilkan kapang .

Tentu saja hal ini sangat baik untuk pencernaan , mengingat rafinosa dan stakhiosa berperan penting dalam gejala faltulensi yang muncul jika orang mengkonsumsi kacang tanah atau biji kedelai .

Penampilan , bentuk dan warna yang ada pada oncom jika kita lihat sekilas memang kurang menarik . meskipun oncom mempunyai gizi yang tinggi dan baik dikonsumsi oleh tubuh . oke , setelah kita menjelaskan tentang kankung , asal usul oncom dan nilai gizi dari oncom , mari kita simak baik-baik resep dan cara membuat tumis oncom yang pedas dan super nikmat di bawah ini . cekidot :)

Resep Membuat Tumis Kangkung Oncom Pedas Nikmat

Resep Membuat Tumis Kangkung Oncom Pedas Nikmat
Contoh Gambar Tumis Kangkung Oncom Pedas Nikmat

Bahan Tumis Kangkung Oncom :

  • Kangkung 2 ikat ( potong-potong lalu cuci hingga bersih )
  • Oncom merah 350 gram ( rendam dalam air panas sebentar , angkat lalu peras )
  • Bawang putih 4 siung
  • Bawang merah 6 butir
  • Cabai merah besar 2 buah ( diiris serong )
  • Cabai rawit hijau 10 buah ( diiris serong )
  • Tomat 1 buah ( diiris )
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya ( optional )
  • Minyak sayur ( digunakan untuk menumis )

Cara Membuat Tumis Kangkung Oncom :

  1. Pertama-tama panaskan minyak sayur , lalu tumis bawang merah dan bawang putih hingga wangi . 
  2. Selanjutnya masukkan cabai merah , cabai rawit , tomat , garam , gula dan penyedap rasa . aduk-aduk hingga rata .
  3. Kemudian masukkan kangkung yang sudah di cuci bersih dan oncon , aduk rata . lalu masak hingga kangkung sedikit layu dan oncom matang .
  4. Angkat , dan tumis oncom yang enak dan super pedas siap di sajikan di piring saji .

Pedas dan gurihnya tumis kangkung oncom ini begitu nikmat . apalagi bagi kalian yang suka sekali dengan pedas , rasanya pedasnya nampol sekali teman . tapi bagi kalian yang tidak terlalu suka pedas penggunaan cabai rawitnya dapat di atur sesuai selera ya . yasudah , selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Tumis Kangkung Oncom Pedas Nikmat yang kami bagikan kali ini . 
Jangan Lewatkan :
Resep Membuat Bola Udang Saus Bangkok Enak 
 Resep Cah Kangkung Saus Tiram Lezat
Terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk kalian . jika kalian menyukai artikel Resep Membuat Tumis Kangkung Oncom Pedas Nikmat ini silahkan like atau share kemedia sosial kalian seperti facebook , twitter atau google plus agar memudahkan kami dalam berbagi aneka resep lainnya . sekian , seeyou :)

Resep Membuat Tumis Kangkung Oncom Pedas Nikmat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fransisca Emilia