Resep Membuat Ayam Popcorn ( Popcorn Chicken ) Ala KFC

Resep Membuat Ayam Popcorn ( Popcorn Chicken ) Ala KFC - Ayam Popcorn Ala KFC atau yang sering di sebut dengan Popcorn Chicken ini memang sangat istimewa . memiliki rasa yang enak , gurih dan Crispy membuat ayam popcorn memiliki banyak penggemar . rasanya yang lezat seringkali sangat nikmat jika disantap untuk menemani nasi putih yang hangat . selain itu , Ayam Popcorn ini juga enak sekali jika dinikmati begitu saja sebagai camilan yang gurih ketika nonton tv atau berkumpul dengan keluarga .

Anda dapat menyajikannya dengan saus sambal botolan , mayonese ataupun dengan aneka sambal sesuai selera anda . Ayam Popcorn ini sebenarnya memiliki citarasa yang sama dengan ayam goreng tepung yang biasa anda santap di restauran siap saji ala KFC . namun bedanya Ayam Popcorn terbuat dari daging ayam yang dipotong kecil-kecil , yang kemudian dilumusi dengan tepung bumbu , telur dan tepung roti lalu digoreng hingga crispy . mungkin karena ayam goreng tepung ini memiliki bentuk kecil-kecil seperti popcorn sehingga di seebut Ayam Popcorn ataupun popcorn chicken .

Karena Ayam Popcorn yang memiliki ukuran yang kecil membuat ayam mampu matang sempurna hingga ke bagian dalam . hal ini sangat membantu sekali dalam proses menggoreng Ayam Popcorn . karena dapat menghindari tepung roti menjadi gosong dan berwarna terlalu kecoklatan . tepung yang digunakan untuk melapisi sang ayam memang kita akan meraciknya sendiri dengan aneka bumbu rempah alami indonesia . 

Namun bagi anda yang ingin praktis , anda dapat mengganti tepung terigu yang akan digunakan dengan tepung bumbu siap pakai yang dijual dimana-dimana . namun alangkah baiknya jika anda meracik tepung bumbu sendiri , untuk menghindari bahan pengawet . lagian cara membuat tepung bumbu sendiri sangatlah mudah . bisa jadi aneka bumbu yang digunakan sudah berada di dapur tercinta anda .

Dalam meracik tepung bumbu sendiri , kita akan menggunakan bumbu cabai sebagai penambah rasa pedasnya . namun jika buah hati anda memiliki lidah yang sangat sensitif dengan rasa pedas , maka bubuk cabai ini di skip saja . lalu usahakan pilih tepung roti yang berwarna putih dan bentuknya remah-remah roti atau bread crumsbs bukan tepung panir yang berwarna coklat dengan remahan yang halus ya .

Alasannya karena penggunaan tepung roti atau bread crumbs akan membuat Ayam Popcorn memiliki ukuran yang lebih besar dan gurih crispy . anda dapat membeli tepung roti atau Bread crumbs ini di minimarket seperti alfamart atau indomart dengan harga yang relatif murah . namun anda juga dapat menggunakan tepung roti versi mahalnya yang made in jepang dengan merk Panko . tepung roti jenis ini biasanya digunakan untuk membuat udang goreng tepung atau makanan jepang lainnya yang digoreng . 

Nah , dari pada jauh-jauh ke KFC hanya ingin menikmati Ayam Popcorn , lebih baik buat sendiri dirumah yuck . cara membuatnya mudah loh , bahan-bahan yang digunakan juga terjangkau dimana-mana . Lalu apa saja sih , bahan-bahan dan cara membuat Ayam Popcorn ini ? untuk lebih jelasnya , yuck segera disimak Resep Ayam Popcorn dibawah ini dan segera dipratekkan . :) 

Resep Membuat Ayam Popcorn ( Popcorn Chicken ) Crispy


Resep Membuat Ayam Popcorn ( Popcorn Chicken ) Crispy

Bahan-bahan Ayam Popcorn ( Popcorn Chicken ) :

  • Daging ayam tanpa tulang 100 gram ( anda dapat menggunakan dada ayam )
  • Tepung terigu serba guna 1,5 sendok makan
  • Lada atau merica bubuk 1/2 sendok teh
  • Lada hitam bubuk 1/4 sendok teh
  • Gula pasir 1/2 sendok teh
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Cabai bubuk 1/2 sendok teh ( optional )
  • Kaldu bubuk 1/2 sendok teh
  • Bawang putih bubuk 1/4 sendok teh
  • Telur 1 butir ( kocok bersama dengan 2 sendok makan susu cair )
  • Tepung roti atau bread crumbs 1 pak
  • Minyak digunakan untuk menggoreng

Cara Membuat Ayam Popcorn ( Popcorn Chicken ) :

  1. Langkah awal , siapkan daging ayam tanpa tulang , kemudian pukul-pukul perlahan permukaannya dengan menggunakan gagang pisau atau pemukul daging hingga daging ayam sedikit memar . lalu potong-potong daging ayam dengan ukuran 2 x 2 ceti meter .
  2. Tepung bumbu : siapkan mangkuk kecil lalu masukkan terigu , garam , gula , kaldu bubuk , merica , cabai bubuk serta bawang putih bubuk . aduk hingga semua bahan tercampur rata .
  3. Setelah itu siapkan telur yang sudah dikocok dengan susu yang anda siapkan tadi . lalu letakkan tepung roti di piring datar . letakkan 3 wadah berisi masing-masing bahan tadi di meja kerja / dapur .
  4. Nah sekarang kita akan melumuri ayam dengan bahan-bahan pencelup . pertama-tama lumuri daging ayam dengan campuran tepung bumbu , tekan dan balik-balik daging ayam hingga tepung menempel dengan rata . lalu celupkan ayam ke dalam kocokan telur kemudian gulingkan daging ayam di tepung roti , pastikan tepung roti menempel dengan rata dan sempurna .
  5. Celupkan daging ayam kembali ke telur kocok dan lumuri kembali dengan tepung roti , jadi kita melakukan hal ini sebanyak 2 kali ya . ini agar tepung menempel dengan baik pada ayam dan agar ukurannya ayam popcorn menjadi lebih besar .
  6. Terakhir goreng daging ayam ke dalam minyak panas yang menggunakan api sedang agar daging dapat matang sempurna dan tidak cepat gosong . angkat tiriskan .
  7. Resep Membuat Ayam Popcorn ( Popcorn Chicken ) Ala KFC siap disajikan dengan sambal botolan ataupun mayonese .


Dalam resep Ayam Popcorn ini memang kita menggunakan bawang putih bubuk . namun jika didaerah anda susah didapatkan atau sedang tidak ada bawang putih bubuk di dapur , anda dapat menggantinya dengan 1 siung bawang putih yang dihaluskan dan diberi 3 sendok makan air . kemudian rendam daging ayam dalam air bawang putih kurang lebih selama 10 menit . hal ini agar daging ayam tidak bau amis dan hasil akhirnya memiliki wangi yang sedap dan rasa yang gurih .

Taraaaa , karena proses membuat Ayam Popcorn ini sangat mudah , murah dan rasanya juga lezat , kunjungan ke resto fast food pun bisa anda kurangi mulai dari sekarang . yuck segera dibuat Resep Membuat Ayam Popcorn ( Popcorn Chicken ) Ala KFC nya dirumah . oh iya resep ayam popcorn ini dibuat hanya untuk 20 buah yah . jika anda ingin membuatnya lebih banyak silahkan tambahkan saja bahan-bahan yang digunakan sesuai takaran yang sudah kami berikan .

Buka juga resep camilan lainnya seperti Resep Membuat Popcorn Asin Tanpa Mentega Gurih yang dapat menjadi camilan sehat keluarga dirumah . terimakasih sudah membuka beverleylovestosew.blogspot.com , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat . sampai bertemu diartikel resep lainnya , sekian :) 

Resep Membuat Ayam Popcorn ( Popcorn Chicken ) Ala KFC Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fransisca Emilia