5 Makanan Dan Minuman Yang Harus Dihindari Saat Sahur

5 Makanan Dan Minuman Yang Harus Dihindari Saat Sahur - Ketika Memasuki bulan Ramdhan , ada banyak hal yang harus di ubah dalam keseharian umat Islam . selain menjalankan ibadah Puasa yang menahan diri dari hawa nafsu , namun juga harus mengubah kebiasaan sehari-hari . salah satu kebiasaaan yang harus diubah adalah kebiasaan makan makanan yang buruk . karena saat bulan Ramadhan pola makan kita benar-benar berubah . yang tadinya makan 3 kali dari sarapan , makan siang dan makan malam .

Khusus Untuk bulan puasa , pola makan kita diganti menjadi saat buka puasa dan pada saat sahur saja . ketika berbuka puasa tiba hidangan manis dan bersantan memang salah satu hidangan yang lezat untuk menu takjil . namun beberapa makanan tersebut ternyata tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi saat sahur . misalnya seperti minuman yang terlalu manis penuh dengan gula dan karbohidrat , yang mengandung banyak lemak dan lain sebagainya .

Anda jangan sampai menjadi salah satu orang yang malas untuk bangun sahur . karena makan sahur sangat penting untuk menjaga stamina tubuh saat tak mendapatkan asupan makanan dan minuman dalam sehari . namun , sebaiknya anda juga jangan asal makan yang bertujuan agar perut kenyang tanpa memperhatikan makanan dan minuman yang anda konsumsi . menikmati makanan dan minuman yang sembarangan dapat menyulitkan sistem pencernaan atau membuat puasa menjadi terasa lebih berat karena cepat haus .

Tentu saja anda tak ingin puasa Ramadhan anda terganggu karena menu sahur yang salah bukan ? oleh karena itu kami sarankan untuk menu sahur yang sehat sebaiknya jangan mengkonsumsi minuman yang terlalu manis seperti yang kami katakan di atas . kemudian salah satu minuman yang harus dihindari saat sahur adalah teh . kami yakin diantara kalian sangat suka meminum teh saat sahur karena terbiasa mengkonsumsinya saat pagi hari .

Kemudian untuk makanan , kita harus katakan bahwa anda harus mengindari makanan sejenis gorengan , makanan bersantan , makanan pedas dan makanan yang asam . ke 5 makanan dan minuman tersbut yang wajib anda hindari saat sahur jika puasa anda ingin lancar tanpa ada masalah ketika siang harinya . lalu apa saja sih alasan ke 5 Makanan dan minuman ini harus dihindari saat sahur ? untuk jelasnya yuck disimak pembahan tentang 5 Makanan Dan Minuman Yang Harus Dihindari Saat Sahur seperti dibawah ini . 

Pertama,  TEH

TEH


Orang indonesia yang terbiasa menimun teh di pagi hari ternyata tidak baik jika dikonsumsi saat sahur . hal ini dapat berakibat buruk untuk tubuh selama menjalankan ibadah puasa . karena Teh , dapat dibilang sama dengan kopi , yaitu minuman yang mengandung kafein yang bisa menyebabkan tubuh cepat haus atau dehidrasi . Selain itu , mengkonsumsi teh juga dapat meningkatkan produksi asam lambung jika dikonsumsi dalam keadaan perut masih kosong .

Nah , mengkonsumsi teh setelah makan sahur juga bisa menetralkan nutrisi yang ada dalam makanan . oleh karena itu , meminum teh ini Harus Dihindari Saat Sahur dan berbuka puasa saat perut masih kosong . kami sarankan saat menjalankan ibadah puasa lebih baik anda mengkonsumsi air putih yang banyak minimal 8 gelas sehari agar kebutuhan air tercukupi dan tidak gampang haus atau dehidrasi .

Kedua,  GORENGAN 

GORENGAN

Harus diakui jika gorengan merupakan salah satu makanan favorit bagi orang banyak di Indonesia. Apalagi camilan yang murah meriah ini merupakan hidangan yang mudah ditemui dimana-dimana . dari gerobak gorengan dipinggir jalan , pasar tradisional , warung gorengan dan lain sebagainya . sehingga anda tidak akan bersusah payah dalam mendapatkan aneka gorengan kesukaan anda .

Apa lagi jika tiba waktu berbuka puasa dan sahur , terkadang membeli gorengan merupakan pilihan yang sangat mudah dan praktis . namun , tahukah anda jika gorengan sangat tidak dianjurkan untuk dinikmati ketika santap sahur . hal ini disebabkan karena gorengan itu memiliki kandungan lemak yang sangat banyak yang tidak baik untuk tubuh . jadi para gorengan lovers , harus dihentikan ya kebiasaan buruk mengkonsumsi gorengan saat sahurnya !! :)

Pada dasarnya minyak sayur adalah minyak tak jenuh , namun proses pemanasan minyak dalam suhu yang tinggi dapat menyebabkan lemak menjadi januh . sehingga dapat berpotensi meningkatkan kadar koleterol jahat pada tubuh . apalagi jika minyak yang digunakan untuk menggoreng gorengan merupakan minyak yang digunakan berulang-ulang . hal ini sangat tidak baik dikonsumsi oleh tubuh yang akan menjalankan ibadah pausa dari pagi hingga sore hari .

Maka itu dibulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini sebaiknya anda menghindari makanan berminyak seperti gorengan saat santap sahur . anda harus banyak berfikir kembali jika anda ingin mengkonsumsi gorengan saat santap sahur . karena itu hal yang sangat buruk dan anda harus benar-benar berfikir kembali agar kesehatan tetap terjaga . jangan lupa perhatikan pola makan kita saat berpuasa , khususnya dalam mengkonsumsi gorengan .

Taati peraturan pola makan sehat , sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga . bukan sebaiknya , dengan berpuasa malah menimbulkan penyakit karena pola makan kita yang berubah dan berlebih dengan mengkonsumi makanan berminyak dan berlemak seperti gorengan bukan pada waktu yang tepat seperti saat sahur . 

Ketiga, MAKANAN BERSANTAN 

MAKANAN BERSANTAN


Jenis makanan lainnya Yang Harus Dihindari Saat Sahur adalah makanan yang bersantan . mengkonsumsi makanan bersantan yang berlebihan ternyata dapat memicu penyakit pembuluh darah seperti strok , jantung , serta kenaikan kadar asam urat pada tubuh . apalagi ketika sahur , banyak sekali para ibu yang menghangatkan kembali makanan sisa semalam , agar lebih praktis untuk menu sahur .

Padahal Makanan seperti gorengan , dan makanan bersantan harus dihindari saat santap sahur karena mengandung lemak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat pada tubuh . kelebihan kolesterol jahat ini dapat menyebabkan penyempitan dan pengerasan pembuluh darah atau aterosperosis atau terbentuknya plak pada dinding pembuluh darah . masih ingin tetap sehat kan ? jika iya , coret daftar menu sahur yang merupakan makanan bersantan ya .

Keempat, MAKANAN PEDAS

MAKANAN PEDAS


Bagi anda yang suka sekali pedas , makanan pedas memang merupakan hidangan yang dapat menambah nafsu makan . namun perlu anda ingat , makanan pedas ini dapat berbahaya bagi kesehatan terutama bagi anda yang memiliki riwayat gangguan pencernaan . asupan makanan yang terlalu pedas dapat merangsang pengeluaran asam lambung berlebih . selain itu , makanan pedas juga dapat membuat permukaan lambung lebih rapuh dan mengalami luka . 

Penyakit ini biasanya disebut dengan maag , penyakit yang terjadi akibat peradangan pada lambung . akan tetapi , jika anda terlanjur suka dan tidak dapat meninggalan makanan pedas , sebaiknya anda mengkonsumsinya dengan tambahan makanan lain agar efek pedasnya tidak terlalu terasa . untuk makanan pedas pada dasarnya memang tidak dilarang . karena bagaimanapun zat capcaisin yang menimbulkan rasa pedas pada cabai sebenarnya memiliki manfaat sebagai penghilang rasa sakit , anti radang , melancarkan buang air besar dan meningkatkan nafsu makan . namun sebaiknya makanan pedas ini dihindari saat makan sahur agar tidak mendatangkan masalah bagi kesehatan anda . 

Kelima, MAKANAN ASAM

MAKANAN ASAM


Seperti makanan pedas , makanan asam ini juga merupakan salah satu makanan pemicu keluarnya asam lambung yang tinggi . oleh sebab itu makanan asam ini sangat tidak baik dikonsumsi terlalu banyak , apalagi ketika anda akan menikmati santap sahur . jenis makanan asam yang mengandung gas tinggi ini dapat memicu keluarnya cairan asam lambung tinggi dan sulit dicerna . makanan asam bisa menyebabkan maag , sehingga dapat menganggu aktivitas berpuasa anda . untuk makanan asam hindari makanan dengan tomat dan jeruk , karena banyak mengandung asam .

Jangan Lewatkan : 7 Resep Menu Takjil Berbuka Puasa Terbaru

Penggunaan bumbu seperti bawang putih , bawang merah , lada merah , lada hitam dan bubuk cabai yang terlalu banyak juga menyebabkan kondisi lebih parah . Oleh karena itu hidarilah makanan-makanan yang terlalu banyak mengandung bahan-bahan tersebut ketika santap sahur. jika anda tidak mau perut tersiksa selama menjalankan ibadah puasa disiang harinya . jagalah kesehatan , sehat itu mahal !! tubuh harus mendapatkan nutrisi yang seimbang saat menjalankan ibadah Puasa Ramdhan ya .

Itulah ke 5 Makanan Dan Minuman Yang Harus Dihindari Saat Sahur yang dapat kami informasikan untuk anda . terimakasih sudah membuka beverleylovestosew.blogspot.com , semoga informasi-informasi yang kami sajikan dapat bermanfaat untuk anda . kami admin Harian Resep , mengucapkan selamat menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan , semoga selalu diberi keberkahan dan kelancaran dalam menjalankan Ibadah Puasa Di bulan yang penuh berkah ini . sekian :)

5 Makanan Dan Minuman Yang Harus Dihindari Saat Sahur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fransisca Emilia