3 Cara Mengolah Kulit Manggis Menjadi Jus

3 Cara Mengolah Kulit Manggis Menjadi Jus - Pernah mendengar sejuta khasiat dari buah manggis dan kulit manggis? jika iya dan ingin mendalami manfaat dari buah manggis dan kulit manggis silahkan simak artikel mengenai ke 3 Cara Mengolah Kulit Manggis Menjadi Jus yang beverleylovestosew.blogspot.com kali ini bagikan. bila mendengar buah manggis tentu saja yang terbayang adalah rasa asam dengan sedikit manisnya. namun apa kabar dengan kulit manggis nya, pahit?

Yups, walaupun memiliki rasa pahit getir, namun minuman atau jus olahan dari kulit manggis ini di percaya memiliki segudang manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. bahkan sekarang banyak obat herbal yang terbuat dari ekstrak kulit buah manggis yang diolah sedemikian rupa terbukti mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit yang ringan maupun berat/ganas. dari penyakit ganas seperti kanker, kolesterol, tekanan darah tinggi, diabetes dan lain sebagainya.

Selain terkenal mampu menyembuhkan penyakit dalam tubuh, olahan obat dari kulit manggis juga mempunyai keunggulan tersendiri dalam bidang kecantikan. maka tak jarang pula produk kecantikan untuk kulit yang memakai buah manggis atau kulit manggis sebagai bahan utamanya. terlebih adanya senyawa Xanthone yang berkhasiat mencegah penumpukan lemak jahat pada tubuh sehingga anda akan terhindar dari berat badan yang berlebih. jadi Jus Buah Manggis atau Jus Kulit Buah Manggis ini cocok dikonsumsi bagi anda yang sedang menjalankan program diet dalam penurunan berat badan.

Ada lagi kandungan zat anti-oksidan yang berlimpah pada ekstrak kulit manggis mampu mengatasi tanda-tanda penuaan pada kulit seperti keriput dan bintik-bintik hitam di wajah. dengan mengkonsumsinya secara teratur, bisa jadi anda akan mengurangi dana perawataan yang biasa anda lakukan di salon kecantikan. wah, dengan adanya Jus Buah Manggis dan Jus Kulit Buah Manggis ini untuk cantik tidak perlu mahal ya?

Mungkin anda mulai bertanya dalam hati, bagaimana caranya sih mengolah kulit manggis menjadi jus kesehatan? ternyata caranya sangat mudah loh, kulit manggis yang seringkali dianggap limbah oleh anda ternyata mampu dibuat jus, teh maupun minuman kesehatan lainnya. anda dapat mengolah bahan tersebut menjadi jus kulit buah manggis herbal homemade yang gampang dibuat dengan peralatan sederhana tanpa mengeluarkan banyak biaya yang fantastis.

Namun bila ingin praktis dan anda tidak mempunyai banyak waktu untuk mengolah kulit manggis, anda dapat membeli produl ekstrak kulit manggis yang dijual dipasaran seperti di toko kesehatan herbal maupun toko online yang pembeliannya biasnaya di paket dengan jasa pengiriman seperti JNE, TIKI atau Pos. seperti halnya olahan berbal yang sejenis dengan kulit buah manggis seperti Ektrak Daun Sirsak dan semacamnya yang memiliki banyak kandungan yang berguna di dalam tubuh. namun ingat ya, baca aturan pakai secara seksama agar hasil yang diharapkan dapat dirasakan oleh tubuh anda.

Lalu apa saja sih manfaat kesehatan yang dapat kita peroleh dari meminum olahan kulit manggis? berikut ini adalah salah satu manfaat nya bila di konsumsi dengan benar dan secara teratur dengan dosis yang dibutuhkan. 
  • Pertama, dapat memperkuat sistem immune sehingga tubuh lebih kebal terhadap serangan penyakit ringan seperti batuk, flu, dan demam.
  • Kedua, karena kekebalan tubuh sudah meningkat, dengan menikmati jus kulit manggis proses penyembuhan luka pada tubuh pun akan berjalan lebih cepat dari sebelumnya.
  • Ketiga, seperti halnya daging buah manggis, sari kulit buah manggis juga dapat berguna untuk mengurangi kolesterol jahat (LDL) serta dapat mengontrol tekanan darah pada tubuh.
  • Keempat, nah, ketika laju darah sudah terkontrol makan pembuluh darah pun akan semakin bertambah kuat dan kesehatan jantung pun dapat terjaga dengan baik.
  • Kelima, lalu manfaat bagi pencernaan ketika meminum jus kulit manggis secara teratur dapat berkhasiat mengatasi diare dan mencegah peradangan usus.
  • Keenam, bagi anda yang memiliki riwayat penyakit maag, manfaat kulit buah manggis adalah menyembuhkan sakit yang anda derita. asalkan anda mengkonsumsinya dengan rajin dan teratur.
  • Ketujuh, bagi anda yang mementingkan penampilan, kandungan zat anti-oksidan di dalamnya berperan penting dalam melawan radikal bebas sehingga anda tetap terlihat awet muda.
  • Kedelapan, Bagi seorang wanita, minum sari kulit manggis saat mengalami siklus haid dapat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit sebelum menstruasi.
  • Kesembilan, dengan mengkonsumsi jus kulit buah manggis dapat mencegah terjadinya penumpukan lemak berkat manfaat zat xanthone dalam buah manggis sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.
  • Kesepuluh, saking dahsyatnya khasiat kulit manggis dengan meminum olahan herbal obat kulit manggis juga dapat mengatasi penyakit kanker, diabetes, TBC, HIV AIDS, asam urat dan asma. hal ini tentu saja disesuaikan dengan komposisi masing-masing olahan obat herbal kulit manggis tersebut.

Itulah sedikit manfaat dari buah manggis dan kulit manggisnya, berikut ini adalah ke 3 Cara Mengolah Kulit Manggis Menjadi Minuman Sehat yang mudah dibuat dirumah.

1. Cara Membuat Rebusan Air Kulit Manggis

Cara Membuat Rebusan Air Kulit Manggis


Bagi anda yang tidak mempunyai mesin blender, ada cara mudah untuk mengolah kulit buah manggis yang berwarna merah tua ini menjadi obat herbal. yaitu dengan cara merebus nya lalu minum air rebusan kulit manggis tersebut secara langsung. ini akan menciptakan rasa pahit getir, sehingga bagi anda yang tidak kuat pahitnya, anda dapat menambahkan madu ataupun gula secukupnya. tenang saja, hal ini tidak akan mengurangi khasiat yang terkandung di dalamnya.

Untuk perbandingan rasa manis dengan air rebusan kulit manggis dapat disesuaikan dengan selera masing-masing. metode merebus kulit manggis ini terbilang sangat sederhana karena tidak membutuhkan waktu dan peralatan sehingga mudah dan praktis untuk dibuat.

2. Cara Membuat Teh Dari Kulit Manggis Kering

Cara Membuat Teh Dari Kulit Manggis Kering


Pemanfaatan kulit buah manggis ini sudah dilakukan sejak dahulu di beberapa daerah penghasil buah manggis. mereka memahami betul bila buah manggis ini hanya ada pada musim tertentu saja. oleh karena itu, mereka mencari ide bagaimana caranya agar minuman herbal kulit manggis tetap ada meskipun bukan pada musimnya. dengan ini ditemukannya metode pengolahan sederhana dengan cara mengeringkan kulit manggis di bawah sinar matahari, dimana sebelumnya kulit buah manggis dipotong-potong dalam ukuran kecil seperti teh. penyimpanan kulit kering ini sebaiknya di tempat bersih dan tidak lembab agar terhindar tumbuhnya jamur yang bisa membahayakan kesehatan.

Untuk Cara Penyajiannya : anda cukup seduh kulit manggis kering menggunakan air panas lalu minum selagi hangat seperti anda menikmati secangkir teh.


3. Resep Jus Kulit Manggis dan Cara Membuatnya

Resep Jus Kulit Manggis dan Cara Membuatnya

Bahan-bahan Jus Kulit Manggis :

  • Kulit manggis yang masih segar
  • Gula jawa, gula aren atau madu secukupnya
  • Air matang secukupnya
  • Potongan es batu ( bila suka )

Alat Jus Kulit Manggis :

  • Mesin blender 

Cara Membuat Jus Kulit Manggis :

  1. Langkah awal ambil kulit buah manggis yang masih segar kemudian kerok bagian dalamnya yang ada selaput putih seperti benang. agar mudah ketika proses ini, usahakan pilih kulit buah yang masih segar atau membeli buah manggis kemudian manfaatkan kulitnya.
  2. Selanjutnya masukkan kulit buah ke dalam blender bersama air, lalu proses hingga halus. sesuaikan jumlah air dengan banyaknya kulit manggis untuk mengurangi rasa pahitnya. 
  3. Masukkan ke dalam gelas lalu tambahkan madu atau gula jawa yang sudah dihancurkan agar rasa pahit nya berkurang. aduk-aduk hingga rata.
  4. Untuk menambah segarnya, anda dapat menambahkan es batu secukupnya.

Walaupun memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan, namun ada resiko keracunan akibat meminum jus kulit manggis ini. ada beberapa tanda mengalami keracunan akibat konsumsi olahan herbal ini seperti diare dan muntah-muntah. mungkin ini terjadi karena setiap orang memiliki tingkat penerimaan dan toleransi berbeda terhadap zat asing yang masuk ke dalam tubuh. bahkan ada sebagian tubuh yang menolak asupat zat asing jika memang dirasa tidak cocok.

Nah, untuk mencegahnya, anda dapat meminum sari kulit manggis dalam jumlah yang sedikit selama beberapa hari. tujuannya agar anda dapat melihat reaksi dan membiasakan organ tubuh terhadap zat-zat alami yang terkandung di dalamnya. untuk alternatif lainnya, anda dapat membeli ekstrak kulit manggis yang sudah dikemas sebagai produk obat herbal yang aman untuk dikonsumsi. tak lupa kami ingatkan pilihlah produk yang sudah terdaftar pada Depkes RI atau memiliki sertifikat BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan. 

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai 3 Cara Mengolah Kulit Manggis Menjadi Jus nya. buka juga artikel resep lainnya seperti Resep Membuat Es Dawet Ireng Khas Purworejo yang sayang sekali bila terlewatkan. silahkan like dan share ke media sosial seperti facebook, twitter dan akun google+ bila anda menyukai dan merasa artikel Cara Mengolah Kulit Manggis ini bermanfaat. bila anda memiliki pertanyaan, kritik maupun saran untuk artikel pada blog kami beverleylovestosew.blogspot.com silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar. terimakasih :)

3 Cara Mengolah Kulit Manggis Menjadi Jus Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fransisca Emilia