Resep Mango Cake Mirror Glaze a.k.a Cake Mangga Icing Cermin Berkilau

Resep Mango Cake Mirror Glaze  - Kali ini beverleylovestosew.blogspot.com mengikuti booming nya cake kekinian yang berasal dari Negara Rusia. Bernama Cake mirror glaze, cake ini terbuat dari adonan cokelat yang berkilau. Kilaunya yang menyerupai cermin atau kaca ini ternyata berasal dari adonan gelatin. Gelatin dalam adonan tersebut berfungsi untuk memberikan efek cermin yang berkilau.

Memang ada perdebatan akan penggunaan gelatin di dalam adonan icing kaca tersebut. Ya mungkin karena banyaknya gelatin yang terbuat dari babi. Sehingga banyak orang Muslim yang was-was dengan penggunaan gelatinnya. Padahal kini banyak gelatin yang terbuat dari olahan sapi, ayam dan ikan, jadi aman di konsumsi oleh umat Muslim di dunia.

Namun sayangnya adanya gelatin Halal ini cukup sulit di cari ya, mungkin karena gelatin banyak di import dari luar negeri. Jadi cari yang berlabel halal lumayan cukup sulit. Walaupun begitu akhir-akhir ini gelatin Halal sudah banyak dijual via online, toko bahan kue serta supermarket. Nah, berbicara tentang gelatin Halal yang dijual online ternyata ResepAsik.com juga menjualnya loh.

ResepAsik.com adalah salah satu yang membuat populer cake mirror glaze di Indonesia setelah akun IG Olga Noskova yang pertama kali menggegerkan dunia akan hasil karyanya. Disana tertuliskan asal usul cake mirror glaze lengkap dengan Resep Chocolate Mirror Cake (Kue Cermin Berkilau Ala Rusia) serta galeri album cake mirror aneka warna dan bentuk yang cantik. Mirror cake atau kue kaca ini memang unik dan menggemaskan, maka tak aneh lagi jika cake ini menghebohkan dunia baking.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas Resep Mango Cake Mirror Glaze yang merupakan salah satu kreasi dari olahan mirror cake cokelat original. Seperti namanya, cake ini memiliki rasa mango atau buah mangga yang khas. Untuk basic atau sponge cake nya kita menggunakan cake mangga super lembut yang lumer dimulut. Perpaduan cake mangga yang enak sangat pas di padukan icing coklat mirror yang diberi pewarna makanan warna kuning atau emas.

Selain menggunakan kue dasar seperti pound atau sponge cake, icing mirror cake ini juga bisa menggunakan kue tart ulangtahun dan cake pilihan sesuai selera. Cake dasar tak harus menggunakan cake mangga ya, anda bisa kreasikan dengan cake cokelat, sponge cake strawberry, sponge cake vanilla atau sponge cake seperti Resep Sponge Cake Dasar Super Lembut Mudah Dibuat No Ribet. Ya sudah, mari disimak Bahan-bahan dan Cara Membuat Resep Mango Cake Mirror Glaze seperti di bawah ini.

Cara Membuat Resep Manggo Cake Mirror Glaze

Cara Membuat Resep Manggo Cake Mirror Glaze

Bahan-bahan Mango Cake (Kue Mangga) :

  • Kuning telur 90 gram
  • Gula pasir 45 gram
  • Margarin 45 gram
  • Air 50 gram
  • Susu kental manis 25 mili liter
  • Tepung terigu protein rendah 115 gram
  • Tepung maizena 35 gram
  • Baking powder 1/2 sendok teh
  • Putih telur 180 gram
  • Cream of tartar 1/2 sendok (optional)
  • Garam 1/4 sendok teh
  • Gula pasir halus 150 gram

Bahan Isi Mango Cake :

  • Krim bubuk 100 gram dan air es 175 mili liter (kocok hingga mengembang)
  • Air 125 mili liter
  • Susu kental manis 50 mili liter
  • Mangga 200 gram (blender halus)
  • Gula pasir 50 gram
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Maizena 40 gram dan air 3 sendok makan
  • Kuning telur 1 buah
  • Pewarna kuning 6 tetes

Cara Membuat Mango Cake (Kue Mangga) :

  1. Cake : Langkah awal kocok kuning telur dan gula pasir hingga halus dengan kecepatan tinggi selama 5 menit sampai kental. Sisihkan.
  2. Panaskan margarin, tambahkan air dan susu kental manis, aduk rata. Kemudian masukkan adonan ini kedalam kocokan telur sedikit demi sedikit sambil dikocok rata.
  3. Selanjutnya tambahkan tepung terigu dan baking powder sambil diayak dan dikocok asal rata. Sisihkan.
  4. Langkah selanjutnya kocok putih telur, cream of tartar, dan garam hingga setengah mengembang. Masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil dikocok hingga mengembang.
  5. Masukkan sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung terigu sambil diaduk perlahan.
  6. Tuang adonan cake ke dalam 3 loyang berdiameter 20 cm tinggi 3 cm yang sebelumnya sudah di alasi kertas roti tanpa di oles margarin ya.
  7. Oven cake menggunakan api bawah suhu 170 derajat celcius selama 25 menit hingga matang, dinginkan.
  8. Isi : Pertama-tama rebus air, susu kental manis, gula pasir, dan garam sambil diaduk hingga mendidih. Kentalkan dengan larutan maizena kemudian masak sambil diaduk hingga meletup-letup. Matikan api. Masukkan kuning telur. Aduk cepat, nyalakan api. Aduk hingga meletup-letup kembali. Dinginkan. Kocok lembut, tambahkan krim. Kocok rata.
  9. Selanjutnya ambil selembar cake, olesi dengan krim isi agak tebal. Kemudian tutup kembali dengan selembar cake. Tuang sisa isi krim di atasnya, Dinginkan.

Nah, resep sponge cake manggo nya sudah siap digunakan ya. Bagi bunda yang tidak suka isi krim mangganya bisa di skip ya, jadi menggunakan cake dasar mangga nya saja. Tapi menurut kami sih lebih mantap lengkap dengan isiannya. Oke, seperti janji kami diatas berikut kami bagikan Bahan-bahan dan Cara Membuat Icing Mirror Mango seperti berikut ini.

Icing Manggo Mirror Cake

Bahan-bahan Icing Manggo Berkilau :

  • Gelatin 2-4 lembar atau 8 gram, 1 lembar gelatin sekitar 4 gram (gunakan gelatin halal seperti sapi, ayam, dan ikan)
  • Gula pasir butiran halus 250 gram
  • Cokelat bubuk 80 gram
  • Double cream (Krim Kental) 80 mili liter
  • Air 150 mili liter
  • Cokelat putih 50 gram (cincang), untuk membuat cake mirror glaze berwarna harus menggunakan cokelat putih ya. Untuk warna yang lebih terang silahkan tambahkan cokelat putih lebih banyak agar menutup warna cokelat bubuk. Sedangkan untuk chocolate mirror cake, kalian bisa menggunakan coklat blok DDC (Dark Cooking Chocolate)
  • Pewarna makanan warna kuning atau emas secukupnya sesuai selera (pilih pewarna makanan yang berkualitas, bagus, sehat dan halal)

Cara Membuat Icing Manggo Cake Mirror :

  1. Langkah awal rendam lembar gelatin di dalam air dingin sampai lunak. Ambil, peras lalu sisihkan.
  2. Selanjutnya campurkan gula pasir, cokelat bubuk, krim kental serta air dalam panci. Masak adonan sambil terus diaduk hingga mendidih (jangan di tinggal ya adonannya, usahakan di jaga sambil diaduk-aduk agar tidak baru gosong). Angkat.
  3. Setelah itu masukkan cincangan cokelat putih, aduk sampai mencair dan tercampur rata. Tambahkan gelatin dan pewarna makanan kuning, aduk rata kemudian saring. Dinginkan suhu ruang.

Cara Membuat Manggo Cake Mirror Glaze :

  1. Ambil manggo sponge cake kemudian letakkan di atas rak yang di bawahnya diberi nampan yang cukup lebar dan besar.
  2. Selanjutnya tuangkan icing mirror mango berkilau di tengah cake. Ratakan dengan menggunakan spatula logam panjang yang bertujuan agar icing manggo kaca dapat menyebar ke seluruh bagian dan sisi cake mangga.
  3. Resep Mango Cake Mirror Glaze a.k.a Cake Mangga Icing Cermin Berkilau siap disantap, Nyam!!

Itulah step by step membuat resep Cake Mangga Icing Cermin Berkilau nya, cukup mudah bukan? Wah, sekarang sudah bisa membuat mirror cake sendiri di rumah dong ya. Nah, untuk menambah ide kreasi warna cake mirror kami akan memberikan beberapa foto mirror cake dengan bentuk yang unik dan warna-warni cantik yang dapat anda kreasikan sendiri langsung dari dapur tercinta. Silahkan disimak ya..

Mirror Cake Violet (Cake Mirror Ungu)
Mirror Cake Violet (Cake Mirror Ungu)
Strawberry Mirror Cake
Strawberry Mirror Cake (Kue Kaca Merah)

Cake Mirror Hijau
Cake Mirror Hijau
Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Resep Mango Cake Mirror Glaze a.k.a Cake Mangga Icing Cermin Berkilau. Silahkan berkreasi warna terhadap icing mirror ini seperti warna merah, ungu, hijau, putih, biru. hijau, hitam, kuning, dan warna lainnya sesuai selera. Jangan lewatkan Resep Puding Susu Sutra Buah Ekonomis Yang Pas Untuk Bisnis Rumahan, semoga bermanfaat. Sekian :)

Resep Mango Cake Mirror Glaze a.k.a Cake Mangga Icing Cermin Berkilau Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fransisca Emilia