Tips Cara Menata Koleksi Buku

Bagaimana cara menata buku di rak yang sempit? bagi anda yang suka membaca dan memiliki banyak koleksi buku tentu perlu tempat yang enak supaya mudah dalam mengambil buku bacaan. Lalu bagaimana menata buku pada rak yang baik dan terlihat indah meski tempat sempit? berikut kita coba memberikan solusi menata buku di rak dengan baik dan terlihat indah.

Bila Anda suka membaca buku, tentu Anda akan merawat koleksi buku yang Anda miliki sebaik mungkin. Selain harganya yang mahal, buku-buku itu mungkin sudah tidak ada lagi dipasaran. Nah, agar koleksi buku-buku Anda dapat terawat dengan baik, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti dan lakukan.

Tips Cara Menata Koleksi Buku

Cara Menata Koleksi Buku Dengan Rapi


Berikut ini beberapa tips Menata Rapi Koleksi Buku:.
  1.     Sediakan lemari khusus buku, sebaiknya dari kayu dengan penutup dari kaca.
  2.     Kelompokkan buku-buku berdasarkan tebal-tipisnya buku. Anda tidak perlu membuat katalog khusus seperti di perpustakaan , karena bisa-bisa malah akan menyulitkan saat mengaturnya.
  3.     Pada saat menyusun di dalam lemari, samakan juga ketinggian buku. Selain indah dipandang, ini juga akan memudahkan Anda untuk mencari buku yang diinginkan.
  4.     Buku sebaiknya disusun berdiri, sedangkan majalah disusun tidur agar terlihat rapi.
  5.     Kertas-kertas kerja disimpan didalam 'binder' (map atau penjepit khusus), sehingga tidak ada kertas yang tercecer dan hilang.
  6.     Hindari meletakkan lemari buku didalam kamar tidur. Sebaiknya diletakkan di ruang keluarga.
  7.     Setiap hari bersihkan lemari buku, agar tidak ada debu yang menempel dan merusak koleksi buku Anda.


Demikian Tips Cara Menata Koleksi Buku semoga bisa bermanfaat bagi anda.

Tips Cara Menata Koleksi Buku Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fransisca Emilia