Resep Roti Cane, Roti Maryam & Prata

Resep Roti Cane, Roti Maryam & Prata - Roti cane merupakan salah satu jenis roti unik yang ada didunia. rasanya yang enak dengan tekstur lembut dan sedikit crispy ini membuat banyak orang menyukainya. memiliki ciri khas berwarna kuning, dengan rasa asin gurih dengan sedikit manis. roti cane paling enak dinikmati dipagi hari sebagai menu sarapan yang lezat dan bergizi.

Perlu anda ketahui bahwa roti cane adalah jenis makanan dari India yang kini populer di Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia dan Singapura. bila di Negara Singapura, Roti Cane ini terkenal dengan sebutan Roti Prata. disana untuk Roti Prata atau Roti Cane Khas India ini biasanya di sajikan dengan kuah kari pedas dan teh tarik di Kedai Mamak. bila anda penasaran ingin membuat teh tarik ala singapore silahkan cek resepnya disini Resep Membuat Teh Tarik Hangat Nikmat.

Memang unik roti cane ini yah bun, satu roti namun memiliki tiga sebutan nama. bayangkan saja bila di Singapore mereka menyebutnya Roti Prata, di Negara Malaysia terkenal dengan nama Roti Canai sedangkan di Negara Indonesia banyak yang menyebutnya Roti Maryam. wuih, apapun itu yang jelas roti cane atau roti canai ini memang top banget. karena terkenal di berbagai negara karena kelezatannya.

Selain memiliki rasa yang enak dengan bentuk yang unik, roti cane klasik dengan rasa original memiliki beberapa kreasi rasanya loh. dari Roti Canai Telur, Roti Canai Kosong dan Roti Canai Telur Campur Bawang. dengan memiliki banyak kreasi rasanya, bahan yang digunakan dan cara membuat roti cane ini juga semakin bervariasi. dari roti canai yang dibuat dengan menyertakan susu kental manis, ada juga roti cane yang menggunakan Ghee ketika membuatnya. untuk roti cane yang menggunakan Ghee memang rasanya sangat enak dan nendang dilidah, namun sayangnya harga Ghee cukup mahal.

Walaupun roti cane, roti maryam atau roti prata ini khas disajikan bersama kuah kari seperti Roti Jala. namun banyak orang Indonesia yang menikmati roti maryam dengan sesuatu yang manis. seperti madu, coklat cair, keju atau susu kental manis yang digunakan sebagai toping diatas roti cane/roti maryam. lain lidah lain selera juga kali yah, sekarang tinggal anda yang menentukan mau dihidangkan dengan yang manis ataupun yang gurih pedas. oh iya kuah kari atau kare kambing yang disajikan dengan roti cane biasanya diolah dengan bumbu dan ke khas-an masing-masing daerah ya.

Untuk di Indonesia sendiri, roti maryam atau roti cane yang paling populer adalah Roti Cane Khas Aceh. oke deh, dari pada penasaran yuck segera disimak Bahan-bahan dan Cara Membuat Roti Cane, Roti Maryam & Prata seperti berikut ini. selamat mencoba!!

Resep Roti Cane dan Cara Membuatnya

Resep Roti Cane dan Cara Membuatnya

Bahan-bahan Roti Cane :

  • Tepung terigu protein tinggi 500 gram
  • Margarin 35 gram
  • Kuning telur 2 butir
  • Gula pasir 1 sendok makan
  • Mentega 250 gram
  • Air 150 mili liter
  • Minyak sayur 1 sendok makan

Cara Membuat Roti Cane, Roti Maryam & Prata :

  1. Langkah awal campur mentega, terigu, gula pasir, garam dan air hangat serta margarin, uleni hingga kalis atau bisa juga menggunakan mixer. masukkan telur satu persatu dengan terus diuleni hingga adonan menjadi kalis. ketika adonan kalis bertanda tidak melekat ditangan ketika disentuh.
  2. Setelah itu ambil adonan cane timbang seberat 50 hingga 60 gram. kemudian simpan diloyang yang sebelumnya diolesi minyak lalu tutup dengan plastik. biarkan adonan selama 4 jam. (jangan lupa olesi permukaan adonan cane dengan minyak agar tidak kering).
  3. Jika sudah 4 jam, ambil sebuah adonan dan lebarkan dengan cara di giling atau ditarik ke kiri dan ke kanan atau bisa juga atas bawah setipis mungkin. jangan lupa olesi dengan buter pelapis secara merata. kemudian gulung adonan memanjang dan simpulkan kedua ujungnya. bila kedua ujung bertemu ditengah, tumpuk adonan menjadi satu. lakukan hal serupa hingga adonan habis.
  4. Langkah selanjutnya susun adonan cane di loyang lalu tutup kembali dengan plastik atau kain basah bersih dan biarkan beberapa saat(kami sarankan buat malam dan digoreng pagi harinya). lebarkan atau giling bulat adonan lalu goreng dengan sedikit minyak. jangan lupa bolak-balik dan tekan-tekan agar roti cane dapat matang merata. angkat.
  5. Ketika roti cane baru diangkat dari pengorengan, jangan lupa roti cane nya di kemprok pake tangan agar saat dihidangkan akan terlihat lembek dan tidak kaku.
  6. Roti cane, roti maryam atau roti prata siap disajikan dengan kuah kari atau masakan lainnya. bisa juga di siram susu kental manis lalu ditaburi dengan keju parut. mantap!!

Di Indonesia roti cane atau roti maryam biasanya dijual dalam kondisi beku dengan berbagai macam kreasi rasa. dari Roti Maryam Coklat, Roti Maryam Kacang, Roti Maryam Coklat Kacang, Roti Maryam Keju ataupun Roti Maryam dengan rasa original gurih dengan sedikit manis. roti maryam biasanya dijual di aneka swalayan atau supermarket yang berjejeran dengan Cireng Salju, Aneka Nugget Ayam dan aneka bahan makanan lainnya yang siap digoreng.

Untuk membuat makanan seperti roti cane rumahan yang enak dan lezat memang bisa di bilang gampang-gampang susah. karena anda dituntut untuk sabar menunggu adonan yang didiamkan hingga ber jam-jam. namun tak masalah bila anda mencoba membuat dan berkreasi dengan Resep Roti Cane, Roti Maryam & Prata ini dirumah. karena selain menambah wawasan, dengan membuat roti cane dirumah ada kepuasan tersendiri didalamnya.

Bahkan jika roti cane yang anda buat enak dan sukses, anda dapat menciptakan peluang usaha yang menjanjikan dengan berjualan roti cane. terimakasih sudah membuka beverleylovestosew.blogspot.com, buka juga artikel menarik lainnya dari kami seperti Resep Telur Gabus, Snak Keju Gurih Renyah. nantikan kembali postingan terbaru dari kami, salam hangat dari admin. sekian, enjoy!!

Resep Roti Cane, Roti Maryam & Prata Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fransisca Emilia