Resep Membuat Ayam Kalio Masakan Minang Enak

Resep Membuat Ayam Kalio Masakan Minang Enak - Jika berbicara masakan minang atau padang memang tak ada henti-hentinya yah . karena begitu banyak sekali aneka masakan yang enak dan lezat yang hadir dari daerah padang . jadi tak usah heran lagi jika masakan padang sangat terkenal di indonesia . bahkan karena enak dan kelezatannya masakan minang atau padang sudah terkenal hingga negara tetangga .

Nah kali ini kita akan belajar bersama tentang masakan padang yang terkenal sebagai menu andalannya yaitu ayam kalio . untuk anda yang gemar sekali menikmati masakan padang tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan rasa enak nikmat dari ayam kalio bukan ? berbahan dasar ayam dengan bumbu-bumbu rempah alami yang khas dari indonesia membuat ayam kalio memiliki rasa yang lezat . ayam kalio memang jika dilihat sekilas bentuknya hampit mirip sekali dengan gulai ayam .

Sehingga terkadang banyak orang yang bertanya apa sih bedanya kalio dengan gulai ? nah kali ini kami akan membahas kalio ayam terlebih dahulu sebelum kita berbagi bahan-bahan dan cara membuatnya . untuk anda yang belum tahu , perbedaan ayam kalio dengan gulai ayam terletak dari cara memasaknya bun . soalnya pada proses memasak kalio , bumbu halus ditumis terlebih dahulu hingga wangi , baru deh dimasukkan bahan-bahan lainnya dan terakhir masukkan santannya .

Sedangkan proses pada gulai ayam , semua bumbu mentah dimasak bersama santan hingga santan matang atau mendidih . untuk bumbu yang digunakan antara ayam kalio dengan gulai ayam memang hampir mirip . karena banyak bahan-bahan yang sama . namun pasti ada beberapa bahan yang memberikan kelezetan tersendiri dari kalio ayam dibandingkan dengan gulai ayam .

Saat lebaran idul fitri atau lebaran haji , resep ayam kalio dapat menjadi salah satu alternatif dalam cara mengolah ayam selain dimasak opor ayam atau gulai ayam . rasa ayam kalio yang berbumbu pedas hampir mendekati olahan rendang , pokoknya kalio ayam cocok sekali bagi anda yang sedikit bosan akan rasa gurih nya opor ayam . dalam membuat kalio ayam anda dapat menggunakan ayam kampung , daging bebek atau ayam broiler . dalam penggunaan daging anda bebas memilih daging apa yang akan ada gunakan .

Namun kami akan memberikan sedikit tips dalam memilih daging . pertama jika anda ingin menikmati daging yang bertestur sedikit alot , lebih baik anda memilih daging ayam kampung ataupun daging bebek . namun jika anda menggunakan kedua daging ini dalam proses pembuatannya akan sedikit panjang , karena butuh waktu yang sedikit lama dalam merebusnya . nah jika anda ingin menikmati daging yang empuk , gunakan saja ayam broiler . dan waktu yang dibutuhkan untuk memasak nya pun akan menjadi lebih cepat , karena ayam broiler sedikit lunak .

Bagaimana , apakah anda sudah penasaran dan ingin segera membuat ayam kalio masakan khas minang ini ? jika begitu siapkan bahan-bahan yang digunakan dan alat-alatnya yahh . lalu simak baik-baik atau pratekkan langsung cara membuat ayam kalio masakan padang yang enak seperti dibawah ini .

Resep Membuat Ayam Kalio Masakan Minang Enak

Resep Membuat Ayam Kalio Masakan Minang Enak

Bahan-bahan Ayam Kalio Masakan Minang Enak :

  • Minyak goreng 3 sendok makan ( digunakan untuk menumis )
  • Serai 3 batang ( diambil bagian putihnya , lalu memarkan )
  • Daun jeruk purut 8 lembar
  • Daun kunyit 1 lembar ( simpulkan )
  • Ayam kampung 1 ekor ( dipotong menjadi 12 bagian )
  • Santan 1 liter dari 2 butir kelapa parut 
  • Garam 1 1/2 sendok teh
  • Merica bubuk 1 sendok teh 

Bumbu Halus Ayam Kalio Masakan Minang Enak :

  • Bawang merah 8 butir
  • Cabai merah keriting 8 buah
  • Kemiri 6 butir ( disangrai )
  • Bawang putih 4 siung
  • Jahe 4 centi meter ( dikupas )
  • Kunyit 4 centi meter ( dibakar , lalu dikupas )

Bahan Pelengkap Ayam Kalio Masakan Minang Enak :

  • Bawang goreng secukupnya
  • Nasi putih 
  • Ketupat 

Cara Membuat Ayam Kalio Masakan Minang Enak :

  1. Pertama-tama panaskan minyak , tumis bumbu halus , serai , daun jeruk dan daun kunyit hingga wangi .
  2. Selanjutnya masukkan ayam , aduk lalu masak hingga setengah matang .
  3. Setelah itu tuangi santan , masak di atas api kecil sambil terus diaduk hingga ayam dirasa sudah matang dan empuk .
  4. Kemudian masukkan garam dan merica , aduk kembali hingga rata . cicipi lalu tambahkan jika dirasa ada yang kurang . angkat .
  5. Resep Membuat Ayam Kalio Masakan Minang Enak dapat anda sajikan dengan taburan bawang goreng diatasnya .

Selesai , sajikan ayam kalio bersama nasi putih hangat ataupun ketupat dengan tambahkan kerupuk udang agar lebih makyus . jika kita lihat dari bahan-bahan dan bumbu yang digunakan ayam kalio ini sangat enak dan lezat sekali yah ? penggunaan bumbu yang pas dan akan terasa segar dengan penggunaan daun jeruk purut didalamnya . yasudah selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Ayam Kalio Masakan Minang Enak ini dirumah yah .

Jangan lewatkan resep masakan lezat lainnya seperti Resep Membuat Ayam Apik Khas Padang Lezat yang wajib untuk anda coba membuatnya juga dirumah . terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda . jika anda menyukai artikel Resep Membuat Ayam Kalio Masakan Minang Enak ini silahkan share ke media sosial anda yah , seperti facebook , twitter atau google plus anda agar lebih memudahkan kami dalam membagikan resep-resep lainnya . sekian , seeyou :)

Resep Membuat Ayam Kalio Masakan Minang Enak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fransisca Emilia