Resep Membuat Cilok Bakar Bandung Special

Resep Membuat Cilok Bakar Bandung Special - Berbicara tentang cilok , apakah anda salah satu penyuka cilok ? Jika iya anda tepat sekali membuka resep cilok yang kami posting diblog tercinta kami ini . karena pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cilok , yang tentu saja dari resep dan cara membuatnya dengan mudah . Nah jika beberapa waktu lalu kita sudah membahas tentang cilok aci isi daging yang sudah kami posting di Resep Membuat Cilok Daging Enak Special Empuk Kenyal .

Pada malam ini kami akan membagikan anda resep cilok yang cukup unik dan istimewa , yaitu resep cilok bakar bandung . untuk sebagian orang mungkin masih asing dengan cilok bakar khas bandung ini . karena cilok bakar ini sangat khas sekali dari kota bandung dan masih jarang ditemui di kota-kota lainnya . rasa cilok bakar ini masih bertekstur kenyal , seperti tekstur cilok pada umumnya .

Hanya saja cilok bakar bandung memiliki rasa yang lebih gurih dan nendang abies . rasanya kenyal-kenyal gurih dan lezat dengan balutan bumbu bakar yang enak . ehmm , nyumi cilok bakar bandung ini sangat enak sekali dijadikan sebagai camilan keluarga yang murah meriah . pokoknya cilok bakar ini selalu enak disajikan diberbagai suasana . cilok bakar akan terasa lebih enak dan lezat jika disajikan selagi hangat .

Dalam penyajian cilok bakar bandung hampir mirip dengan penyajian aneka sate pada umumnya . yaitu dengan dimasukkan ke tusukan sate , lalu dibakar dengan bumbu bakar yang enak . dalam penggunaan bumbu bakar pada cilok bakar bandung ini memang cukup dibilang sederhana . namun perpaduan bumbu tersebut membuat cilok bakar memiliki citarasa yang istimewa .

Kemudian , Specialnya kami menggunakan isian sosis dan kornet kepada cilok bakar ini . sehingga semakin memperkaya citarasa yang enak dan gurih disetiap suapnya . bagi anda yang penasaran akan rasa enak dan lezatnya cilok bakar , jangan sampai anda melewatkan resep cilok bakar isi kornet dan sosis yang kami bagikan kali ini . karena cilok bakar bandung ini wajib dicoba sebagai hidangan camilan keluarga yang enak dan lezat .

Lalu apa saja sih , bahan-bahan yang digunakan dan cara membuat cilok bakar isi sosis kornet khas bandung ini ? berikut adalah Resep dan cara membuat cilok bakar isi sosis kornet khas bandung dengan mudah .

Resep Membuat Cilok Bakar Bandung Special

Resep Membuat Cilok Bakar Bandung Special

Bahan Dan Bumbu Dasar Cilok Bakar :

  • Aci atau tepung tapioka 150 gram
  • Tepung terigu 2 sendok makan
  • Bawang putih halus 1/2 sendok teh
  • Air panas mendidih 300 mili liter
  • Garam dan penyedap rasa secukupnya 

Bahan Isi Cilok Bakar :

  • Kornet daging ayam atau sapi 70 gram
  • Sosis sapi atau sosis ayam 1 buah ( ukuran sedang )
  • Garam dan merica secukupnya

Bahan Pelengkap Cilok Bakar :

  • Margarin 
  • Kecap manis
  • Saus sambal
  • Tusukan sate
  • Air Untuk merebus 

Cara Membuat Cilok Bakar :

  1. Cilok : Langkah awal campurkan semua bahan-bahan cilok , lalu aduk semua bahan hingga rata lalu tuang air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan hingga adonan kalis dan bisa dibentuk .
  2. Isi : pertama-tama aduk rata kornet daging dengan garam dan merica . sisihkan .
  3. Selanjutnya bentuk adonan cilok bulat-bulat seperti bakso yang berukuran kecil , pipihkan terlebih dahulu lalu beri isi kornet kemudian bulatkan kembali . sedangkan untuk sosis nya , pipihkan adonan cilok seukuran sosis lalu gulung hingga sosis tertutup .
  4. Setelah itu masukkan adonan cilok ke dalam air yang sudah dididihkan kemudian angkat setelah adonan cilok tersebut mengapung di permukaan . kemudian tiriskan lalu tusuk-tusuk 3-4 buah bulatan cilok dalam satu batang seperti layaknya menusuk sate . untuk isi sosis potong-potong terlebih dahulu baru deh ditusuk seperti sate . campur rata saus sambal dan kecap , lumuri semua cilok tersebut dengan rata .
  5. kemudian siapkan teflon , panaskan dengan sedikit margarin lalu bakar cilok di atas api sedang , bolak balik agar cilok dapat matang merata sempurna , angkat dan sajikan .
  6. Cilok bakar bandung siap disajikan selagi hangat .

Demikian Resep Membuat Cilok Bakar Bandung Special yang dapat anda coba dirumah . bahan-bahan yang dibutuhkan sangat mudah dicari dan terjangkau , sehingga akan memudahkan anda untuk membuatnya kapanpun anda mau . so , selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan resep cilok bakar bandung yang kami bagikan kali ini . buka juga Resep camilan lainnya seperti Resep Membuat Tahu Tempe Mendoan Pedas yang patut anda coba sebagai camilan yang gurih atau sebagai lauk sederhana keluarga . 

Terimakasih sudah membuka beverleylovestosew.blogspot.com , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda . jika anda menyukai artikel Resep Membuat Cilok Bakar Bandung Special yang kami bagikan kali ini , jangan lupa like dan share kemedia sosial anda sepeti facebook , twitter atau google plus yah . sampai bertemu diartikel resep selanjutnya , sekian :)

Resep Membuat Cilok Bakar Bandung Special Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fransisca Emilia