Resep Membuat Olos Khas Tegal

Resep Membuat Olos Khas Tegal - Jika sebelumnya kita sudah berbagi salah satu makanan khas Tegal yang populer dimana-dimana seperti Resep Membuat Tahu Pletok Komplit Sambal Enak. Pada kesempatan kali ini masih tentang kota Tegal kita akan membagikan satu lagi resep camilan yang enak dan lezat. Bernama Olos, makanan asli khas Tegal ini termasuk dalam kategori primadona makanan dari Tegal. Rasanya yang gurih ringan dengan isian super pedas merupakan salah satu ciri dari olos alias aci goreng isi khas Tegal.

Jika anda belum mengenal olos, olos adalah salah satu jajanan tradisional khas Tegal yang terbuat dari tepung aci atau tepung kanji yang dikombinasikan dengan tepung terigu lalu diberi isian tumisan sayuran. Isian tumisan tersebut bisanya terbuat dari irisan sayuran kol yang diiris tipis layaknya irisan kol untuk membuat bakwan goreng atau bala-bala ala sunda dan irisan cabai rawit. Terkadang juga diberi irisan daun bawang dan wortel untuk menambah variasi sayuran dan rasa gurih yang nikmat.

Untuk membuat olos asli Tegal biasanya para pedagang menggunakan tepung aci berbumbu khas Tegal. Tepung aci berbumbu khas Tegal ini yang biasanya digunakan untuk membuat adonan cimol (aci di gemol), tahu pletok, cireng, cilok dan aneka olahan dari aci lainnya. Tepung aci berbumbu memang memiliki kelebihan dari tepung aci yang beredar diluaran karena teksturnya super lembut hampir sama seperti tepung yang dibuat untuk membuat cireng salju sambal rujak. Nah, karena tidak semua orang bisa mendapatkan tepung aci berbumbu khas Tegal, maka dalam Resep Membuat Olos Khas Tegal ini kita cukup menggunakan tepung aci/tapioka biasa yang di tambahkan dengan tepung terigu.

Cara membuat olos khas Tegal sebenarnya sangat mudah dan praktis. Namun ada beberapa tips yang harus diperhatikan untuk hasil olos pedas super enak dengan tekstur yang lembut kenyal dan tidak alot. Diantara lainnya adalah jangan menggoreng olos terlalu lama agar kulit luar olos tidak keras. Anda cukup menggorengnya sebentar saja, terus di putar-putar didalam minyak hingga merata sampai olos mengambang dan mengapung. Bila sudah dalam kondisi seperti ini segera angkat olos lalu tiriskan. 

Agar olos matang sempurna alias tidak setengah matang dan anda ingin mengetahui kalau olos sudah matang caranya cukup mudah. Anda cukup melihat daun bawang dan kol yang dikulit, jika sayuran tersebut sudah berwarna kecoklatan langsung segera angkat. Olos rumahan ala tegal pun sudah siap untuk disantap selagi hangat dengan ditemani sambal kacang sebagai pelengkapnya seperti sajian batagor. Sajikan bersama minuman hangat seperti kopi dan teh untuk teman bersantai bersama keluarga tercinta dirumah.

Oh iya, untuk cabai rawit selain diiris-iris tipis, cabai rawit bisa juga di ulek kasar atau dibiarkan utuh. Untuk olos dengan ulekan cabai biasanya untuk anda yang suka pedas layaknya tahu isi, tahu jletot atau tahu mercon. Sedangkan untuk olos yang diisi cabai rawit utuh seperti ranjau adalah olos bagi anda yang tidak suka terlalu pedas. Jadi anda bisa pisahkan antara olos pedas dengan olos tidak pedas.

Berikut kami ulas secara lengkap untuk anda Bahan-bahan dan Resep Membuat Olos Khas Tegal seperti berikut ini. selamat mencoba :)

Resep Membuat Olos Khas Tegal

Resep Membuat Olos Khas Tegal

Bahan-bahan Olos :

  • Tepung tapioka/aci 100 gram
  • Tepung terigu 25 gram
  • Putih telur 1/2 butir
  • Air panas 100 mili liter (kurang lebih)
  • Kaldu ayam bubuk 1 sendok teh (optional, jika tidak suka bisa diganti garam)
  • Garam secukupnya (sesuai selera)
  • Merica 1/4 sendok teh
  • Gula pasir 1/4 sendok teh
  • Bawang putih 2 siung (haluskan)
  • Daun bawang 1 batang (iris tipis)

Bahan Isi Tumisan Olos :

  • Wortel 1 buah (potong korek api)
  • Tauge panjang 25 gram
  • Kol 5 lembar (iris halus)
  • Kaldu bubuk ayam 1/2 sendok teh
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir 1/2 sendok teh
  • Daun bawang 1 batang (iris halus)

Bumbu Halus Tumisan Olos :

  • Bawang putih 1 siung 
  • Bawang merah 2 siung
  • Cabai rawit merah 5 buah (bisa disesuaikan dengan selera pedasnya)
  • Merica butiran 1/4 sendok teh

Cara Membuat Olos Khas Tegal :

  1. Bahan Kulit Olos : Langkah awal campur tegung tapioka, tepung terigu, daun bawang serta bumbu lainnya. 
  2. Selanjutnya asukkan putih telur, aduk rata sambil dituangi air panas sedikit demi sedikit sampai adonan menjadi kalis dan mudah untuk dibentuk. (jika air masih tersisa sementara adonan sudah kalis buang saja airnya jangan ditambahkan lagi), sisihkan.
  3. Tumisan Isi Olos : Panaskan 1 sendok makan minyak goreng, tumis bumbu halus untuk tumisan isi sampai tercium aroma wangi sedap. 
  4. Selanjutnya masukkan wortel, aduk sampai layu. Kemudian masukkan sayuran serta bumbu lainnya. Masak terus sampai sayuran layu, angkat dan biarkan dingin. Buang airnya bila tumisan berair.
  5. Langkah berikutnya ambil adonan secukupnya, bentuk bulat-bulat kecil seperti tahu bulat, segitiga atau setengah bulat seperti pastel juga boleh lalu pipihkan. Isi bahan kulit olos dengan tumisan sayuran tadi secukupnya. Bentuk bulat lagi.
  6. Kemudian masukkan olos ke dalam minyak dingin diwajan, Jika wajan sudah penuh dengan olos baru nyalakan api nya. Gunakan api kecil saja ya teman dan goreng olos sampai mengembang dan kering luarnya. 
  7. Resep Membuat Olos Khas Tegal siap disajikan hangat.

Satu lagi tips ketika menggoreng olos untuk hasil yang enak maksimal dan matang sempurna. Ketika menggoreng olos gunakan api kecil saja dan usahakan gunakan pula wajan yang cukup tebal dan minyak yang banyak. Ini bertujuan agar olos bisa matang sempurna hingga bagian dalamnya. Ini merupakan tips yang sangat mudah dan praktis, jadi harus dilakukan untuk hasil olos super enak layaknya abang-abang gorengan yang menjual olos isi.

Selain terkenal di daerah Tegal, olos kini terkenal juga di daerah pemalang dan sekitarnya. Modifikasi untuk kreasi olahan resep olos lainnya biasanya isian olos diberi bahan tambahan untuk hasil olos yang lebih special dan istimewa. Seperti irisan daging ayam atau daging sapi, kornet, sosis, bakso serta sayuran lainnya sesuai selera. 

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Resep Membuat Olos Khas Tegal. Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan resep olos tegal yang kami bagikan kali ini ya. Buka juga resep menarik lainnya dari kami seperti 8 Resep Jus Terapi Berbagai Penyakit yang wajib untuk dicoba. Terimakasih sudah membuka beverleylovestosew.blogspot.com semoga bermanfaat dan membantu anda untuk membuat olos yang enak, gurih dan lezat langsung dari dapur tercinta anda dirumah. bye :)

Resep Membuat Olos Khas Tegal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fransisca Emilia