Cara Membuat Tamagoyaki, Telur Dadar Gulung Khas Jepang

Cara Membuat Tamagoyaki, Telur Dadar Gulung Khas Jepang - Suka olahan telur yang mudah dan simpel dibuat di rumah? Jika iya, simak baik-baik cara membuat tamagoyaki ini. Dijamin hasilnya pasti enak, lezat dan keluarga di rumah pasti suka. 

Untuk sebagaian orang, sajian Tamagoyaki ini mungkin masih asing di dengar dan masih awam akan rasanya ya. Padahal Tamagoyaki dibuat dari olahan telur ayam dadar yang biasa kita konsumsi sehari-hari. Jadi bisa dibilang Tamagoyaki merupakan salah satu makanan khas Jepang yang populer dengan nama Japanese Omelette. Makanan ini dibuat dari telur yang di kocok dan dibumbui yang kemudian didadar dan digulung sampai berlapis-lapis.

Sebenarnya Resep Tamagoyaki Jepang tak beda dari olahan Resep Omelet Telur Sederhana Ala Hotel. Yaitu sama-sama dibuat dengan digulung layaknya telur dadar gulung pada umumnya. Hanya saja bumbu yang digunakan berebeda dari kebiasaan bumbu ala Indonesia. Untuk Tamagoyaki Jepang Asli bumbu yang digunakan adalah garam, gula, rice vinegar, soy souce, kaldu katsuobushi dan sake.

Aneka bahan tersebut tentu saja tidak semua bisa dikonsumsi oleh orang Indonesia yang mayoritas ber-Agama Islam. Dengan ini untuk bumbu Tamagoyaki Khas Jepang Ala Indonesia bisa disesuaikan dengan selera orang di rumah. Hasil akhir dari penumpukan adonan telur pada Tamagoyaki memang cukup tebal. Bahkan kalau dilihat-lihat mirip sajian Resep Membuat Telur Dadar Padang Enak Gurih yang beberapa waktu lalu kita bagikan.

Irisan Tamagoyaki alias telur dadar gulung khas Jepang ini membuat tampilannya sangat cantik dan unik. Maka tak aneh lagi bila dadaran Tamagoyaki sering dipakai untuk menu bento (kotak bekal makan ala Jepang). Aslinya Tamagoyaki ini dibuat menggunakan wajan atau teflon anti lengket yang memiliki bentuk persegi panjang (Makiyakinabe). Karena wajannya yang panjang dan lebar sehingga memudahkan ketika proses menggulung dadaran telur berbumbu tersebut.

Tapi karena kebanyakan teflon made in Indonesia memiliki bentuk bulat, jadi pakai penggorengan bentuk bulat pun tak masalah. Bentuknya tetap bagus dan rapi, asalkan bagian ujung Tamagoyaki nya dipotong terlebih dahulu. Oh iya sampai lupa, untuk isian telur dadar Jepang ini bisa menggunakan sayuran dan bahan-bahan lain sesuai selera ya. Misal seperti sayuran wortel, daun bawang, potongan sosis, bakso, kornet, cincangan daging ayam, sapi, bayam dan lain sebagainya.

Tapi polosan tanpa sayuran dan bahan lainnya juga hasilnya sudah oke loh. Jadi kaya Tamagoyaki ala ala Jepang yang memang aslinya tidak ditambahkan bahan-bahan apapun. But tak ada salahnya berkreasi kan ya, semakin banyak sayuran hasilnya pun akan enak dan sehat. Berikut kami bagikan Bahan-bahan dan Cara Membuat Tamagoyaki seperti dibawah ini. Cekidot!

Resep dan Cara Membuat Tamagoyaki

Resep dan Cara Membuat Tamagoyaki

Bahan-bahan Telur Dadar Gulung :

  • Telur 3 butir ukuran sedang
  • Daun bawang 1 batang (iris tipis)
  • Wortel kecil 1/2 buah (potong dadu kecil)
  • Garam 1/4 sendok teh
  • Merica bubuk 1/8 sendok teh
  • Ayam goreng suwir 2 sendok makan
  • Minyak sedikit untuk mengoles teflon

Resep dan Cara Membuat Tamagoyaki

Cara Membuat Telur Dadar Tamagoyaki :

  1. Pertama-tama kocok telur, kemudian masukkan semua bahan, kocok kembali sampai semua bahan rata. 
  2. Selanjutnya panaskan teflon, olesi dengan sedikit minyak goreng, kemudian tuang 1/3 bagian telur, ratakan permukaan teflon. Lalu masak sampai telur sedikit mengering, gulung adonan dengan sumpit atau spatula atau sutil kayu, singkirkan ke tepi teflon.
  3. Setelah itu tuang lagi 1/3 bagian telur, masak lalu gulung lagi dimulai dari gulungan yang pertama tadi. 
  4. Terus ulangi proses pembuatannya hingga semua adonan habis.
  5. Angkat, biarkan sedikit dingin kemudian potong-potong seperti sushi atau sesuai selera.

Variasi lain Resep dan Cara Membuat Tamagoyaki adalah menggunakan susu cair kedalam adonan telur kocok. Nanti hasil akhirnya jadi ada rasa gurih manis omelete gitu ya. Oke selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Cara Membuat Tamagoyaki, Telur Dadar Gulung Khas Jepang, semoga bermanfaat.

Cara Membuat Tamagoyaki, Telur Dadar Gulung Khas Jepang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fransisca Emilia