Resep Cara Membuat Serabi Solo

Tentu anda pasti tak asing lagi ketika mendengar Serabi Solo. Jajanan satu ini memang banyak kita jumpai dimana saja, mulai dari lapak pinggir jalan sampai restoran mewah, semua sama saja cuma cara penyajian dan bahan pendampingnya saja yang berbeda-beda. Membuat Serabi Solo kini bukan hanya ada di kota solo tetapi sudah ada dimana saja baik di kota besar maupun di daerah-daerah. Selain memang asli dibawa oleh orang Solo, Serabi Solo banyak dibuat oleh orang dari daerah lain karena memang sudah terkenal enak. Tak terkecuali anda juga bisa membuat Serabi Solo

Lalu Bagaimana Resep Membuat Serabi Solo? Nah kali ini kita coba berbagi resep dan cara membuat serabi Sola. Membuat serabi solo mudah saja, asalkan ragi yang digunakan masih baru. Untuk teknik pengadukan dan fermentasi jika memang benar-benar tepat, pasti serabi solo yang dibuat akan terasa empuk dan enak.

Cara Membuat Serabi Solo

  
Cara Membuat Serabi Solo

Berikut resep serabi solo yang akan kita buat. Serabi Solo untuk takaran kali ini untuk 12 buah serabi solo. Jika anda membutuhkan lebih banyak, bisa sesuaikan dengan takaran masing-masing.

Bahan Membuat Serabi Solo:
* Tepung beras 200 gram
* Garam 1/2 sdt
* Instant yeast 1/2 sdt
* Vanili bubuk secukupnya
* Telur ayam 1 butir, kocok lepas
* Gula pasir 75 g
* Santan cair 300 ml
* Santan kental 50 ml
* Keju parut secukupnya
* Cokelat meses secukupnya

Cara Membuat Serabi Solo
1. Pertama, Campur tepung beras, garam, gula dan vanili, kemudian aduk dan ratakan. Masukkan ragi instant, aduk kembali hingga rata.
2. Masukkan telur, aduk rata. Tuangkan santan cair sambil diaduk hingga adonan kalis.
3. Diamkan adonan selama 30 menit.
4. Panaskan wajan serabi diatas api kecil, olesi dengan sedikit minyak goreng. Tuangkan 1 sendok sayur adonan, ratakan.
5. Taburi atasnya dengan keju parut atau meses lalu tutup cetakan. Panggang hingga 1/2 matang, lalu beri 1 sdm santan kental di atasnya, ratakan.
6. Panggang kembali hingga matang, kemudian angkat.

Serabi Solo yang empuk sudah siap dihidangkan.

Demikian Resep Membuat Serabi Solo yang Empuk. Nantikan Resep Masakan lainnya pada postingan berikutnya. Anda juga bisa mencoba membuat Puding Cokelat Jeruk untuk menemani makan Serabi Solo Salam

Resep Cara Membuat Serabi Solo Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fransisca Emilia