Resep Membuat Lempah Kuning Ikan Asli Bangka

Resep Membuat Lempah Kuning Ikan Asli Bangka - hai bun , ketemu lagi dengan beverleylovestosew.blogspot.com yah . pastinya sudah pada tak sabar menunggu postingan artikel resep terbaru dari kami dong ? oke kalau begitu , jika sebelumnya kita sudah membagikan Resep Membuat Tumis Tofu Kapri special . kali ini kita akan terbang ke bangka untuk membagikan artikel resep salah satu masakan yang populer disana .

Bernama lempah kuning ikan salah satu kuliner asli dari bangka ini memang nikmat sekali . untuk anda yang bermukim atau punya kampung halaman di bangka tentunya anda sudah tak asing lagi dengan lempah kuning ikan ini bukan ? Rasa yang sedap dan gurih dari kuah dan ikan lembut yang menemaninya wajib sekali untuk dicoba . menggunakan bumbu rempah alami khas indonesia membuat lempah kuning ikan ini memiliki rasa yang enak dan gurih .

Sangat cocok jika disajikan bersama nasi putih hangat untuk keluarga tercinta anda dirumah . aroma kuah wangi nan sedap dari ikan tenggiri dan perpaduan rempah-remah yang kaya akan rasa membuat hidangan ini akan sangat istimewa jika dihidangkan ke seluruh anggota keluarga . nah bagi anda yang bukan asli orang bangka , anda tak perlu kesana hanya untuk mencicipi lezatnya lempah kuning ikan bangka .

Karena dengan menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan beserta mengikuti cara membuatnya dalam resep ini anda sudah dapat membuat lempah kuning ikan sendiri dirumah . cara membuatnya mudah kok bun , bunda tak akan mengalami kesulitan dalam hal ini . karena sudah kami rangkum cara membuatny dengan begitu mudah agar semakin memudahkan anda dalam membuatnya . jadi tunggu apa lagi nih bun , segera siapkan bahan-bahan yang diperlukannya yah .

Coba tengok kulkas tuh , ada bahan-bahan yang dapat digunakan untuk membuat lempah kuning ikan bangka ini belum yah . jika belum anda dapat mencari bahan-bahan yang dibutuhkan dipasar tradisional ataupun di tempat belanja yang biasa anda kunjungi . nah untuk lebih jelas dari bahan-bahan dan cara membuatnya , silahkan simak artikel resepnya dibawah ini . cekidot :D

Resep Membuat Lempah Kuning Ikan Asli Bangka

Resep Membuat Lempah Kuning Ikan Asli Bangka

Bahan-bahan Lempah Kuning Ikan :

  • Daging ikan tenggiri 500 gram ( dipotong-potong )
  • Air jeruk nipis 1 sendok makan
  • Air 1 liter
  • Lengkuas 1 centi meter
  • Serai 1 batang ( dimemarkan )
  • Air asam jawa 100 mili liter
  • Maggi blok rasa ayam 2 buah ( maggi sama saja dengan penyedap rasa )
  • Tomat 2 buah ( dipotong-potong )
  • Nanas 200 gram ( dipotong-potong )

Bumbu Halus Lempah Kuning Ikan :

  • Bawang merah 3 siung
  • Cabai merah keriting 3 buah
  • Bawang putih 1 siung
  • Kunyit 1 jari
  • Terasi goreng 1/2 sendok teh
  • Gula pasir 1 sendok teh
  • Garam 1 sendok teh

Cara Membuat Lempah Kuning Ikan :

  1. Pertama-tama balur potongan ikan dengan air jeruk hingga rata . diamkan .
  2. Selanjutnya didihkan air bersama bumbu halus , lengkuas , serai air asam jawa dan manggi blok . 
  3. Setelah itu masukkan ikan , lalu didihkan kembali sebentar .
  4. Kemudian tambahkan tomat dan buah nanas , masak sebentar hingga tomat dan nanas agak layu .
  5. Silahkan cicipi , jika anda yang kurang silahkan tambahkan bumbu sesuai selera .
  6. Resep Membuat Lempah Kuning Ikan Asli Bangka siap untuk disajikan .

Ikan yang dibaluri dengan air jeruk nipis bertujuan agar ikan tenggiri terasa lebih segar dan dapat menghilangkan bau amisnya . kemudian penggunaan tomat dan buah nanas yang memiliki rasa asam segar akan menambah citarasa yang gurih dan nikmat . wah , jika kita melihat bumbu-bumbu yang digunakan dalam membuat lempah kuning ikan bangka ini rasa-rasanya segar sekali yah . jadi resep lempah kuning ikan ini wajib anda coba , agar anda dapat menghidangkan menu yang special untuk keluarga .

Hidangkan lempah kuning ikan selagi hangat agar terasa lebih segar , gurih dan makyus . ciptakan kehangatn keluarga anda dengan menyajikan lempah kuning ikan ini dirumah . selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Lempah Kuning Ikan Asli Bangka yang kami bagikan kali ini yah . oh iya , jangan lewatkan resep lainnya seperti Resep Membuat Perkedel Ikan Tongkol Enak Gurih . terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda .

Jika anda menyukai artikel Resep Membuat Lempah Kuning Ikan Asli Bangka ini jangan lupa share kemedia sosial anda yah . seperti facebook , twitter atau google plus anda agar dapat memudahkan kami dalam berbagi aneka resep lainnya . sekian , seeyou :)

Resep Membuat Lempah Kuning Ikan Asli Bangka Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fransisca Emilia